soal dasar tata niaga
SOAL-SOAL UNBK Paket C
Satuan Pendidikan :
Paket Keahlian/Kelas : PEMASARAN (DASAR TATA NIAGA)
Mata Pelajaran : DASAR TATA NIAGA ( C)
Hari / Tanggal :
Pukul : WIB
Alokasi Waktu : 120 Menit
1. Industri yang berhubungan dengan pengelolaan pembuatan bangunan, pembuatan jembatan, pembuatan jalan raya, irigasi, dan sebagainya adalah industry ……..
A. Industri bidang Genetik
B. Industri bidang Ekstratif
C. Industri bidang Sintetik
D. Industri bidang Konstruksi
E. Industri bidang Analitik
2. Industri yang berhubungan dengan pengelolaan mengolah bahan baku menjadi bahan jadi, misalnya industri sepatu, tekstil, dan lain sebagainya adalah ………
A. Industri bidang Genetik
B. Industri bidang Ekstratif
C. Industri bidang Sintetik
D. Industri bidang Konstruksi
E. Industri bidang Analitik
3. APBN/ APBD melalui pembayaran pajak/ retribusi, Keserasian pembangunan dan pengembangan kota-kota dan desa-desa melalui berbagai upaya penyediaan sarana dan prasarana adalah …………
A. Bidang Hukum
B. Bidang Sosial terhadap Masyarakat
C. Bidang Sosial terhadap Pemerintah
D. Bidang Sosial terhadap Lingkungan
E. Bidang Sosial terhadap Pelayanan Masyarakat
4. Dibawah ini mana yang bukan faktor yang dapat mendukung K3,……….
A. Penyediaan tempat kerja aman
B. Pematuhan standard yang sudah ada
C. Penetapan insentif kerja
D. Evaluasi keadaan tempat kerja
E. Adanya tenaga konsultasi dan identifikasi
5. Beberapa keterbatasan manusia yang menghambat tingkat produktifitasan di tempat kerja, kecuali ….
A. Penglihatan
B. Usia
C. Persepsi
D. Gaji
E. Kemampuan motoric
6. Dibawah ini yang bukan faktor umum yang menghambat tingkat produktifitasan di tempat kerja adalah …..
A. Pengoperasian peralatan yang cacat
B. Kurangnya peralatan keselamatan
C. Pekerjaan berabahaya
D. Perbaharuan mesin dan peralatan
E. Jadwal pekerjaan yang padat
7. Alat yang digunakan melindungi mata pemakai/karyawan dari partikel kecil, merupakan fungsi penggunaan dari alat…………….
A. Ear plug
B. Safety shoes
C. Safety glasses
D. Respirator
E. Dust Masker
8. Berikut merupakan yang termasuk kedalam golongan biologic, yaituh ………….
A. Pekerjaan yang monoton
B. Cairan kimia
C. Melakukan pemeriksaan secara teliti
D. Penerang lampu kurang
E. Radiasi sinar Radio aktif
9. Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data primer dengan mencari data pada si pelaku dan mencatat hasilnya adalah....
A. Experimental Method
B. Metode Observasi
C. Mail Interview
D. Telephone Interview
E. Personal Interview
10. Mencari data yang telah dirancang secara sistematis, tentang apa yang akan diamati, kapan dan dimana tempatnya disebut .....
A. Observasi non-terstruktur
B. Observasi Terstruktur
C. Observasi Pasar
D. Observasi Statistik
E. Observasi Dinamis
11. Suatu kegiatan untuk mengetahui keadaan pasar yang meliputi keadaan wilayah/teritorial, jalur/alur penjualan, konkurensi , daya beli, permintaan, penawaran, produk dan kebutuhan adalah ...
A. Observasi non-terstruktur
B. Observasi Terstruktur
C. Analisa Pemasaran
D. Analisa Statistik
E. Analisa Dinamis
12. Kemampuan perusahaan terhadap keseluruhan penjualan seluruh pesaing, termasuk penjualan perusahaan itu sendiri adalah ………….
A. Market share
B. Pengamatan biasa
C. Pengamatan terkendali
D. Pengamatan terlibat
E. Pengamatan sepenuhnya terlibat
13. Seorang pengamat yang tidak miliki hubungan apapun dengan objek (pelaku) yang diamati adalah …
A. Market share
B. Pengamatan biasa
C. Pengamatan terkendali
D. Pengamatan terlibat
E. Pengamatan sepenuhnya terlibat
14. Salah satu factor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan harga jual adalah…………
A. Break Even Point
B. Harga pasar
C. Modal usaha
D. Harga beli
E. Biaya bahan baku
15. Pihak yang menghasilkan barang dan jasa atau pihak yang meningkatkan guna suatu barang dan jasa adalah ....
A. Konsumen
B. Produsen
C. Pemakai
D. Bursa
E. Pasar
16. Mengurangi banyaknya gagasan sedini mungkin adalah tujuan dari ….
A. Pengembangan strategi pemasaran
B. Pengembangan dan pengujian kosep
C. Penyaringan gagasan
D. Pemunculan gagasan
E. Idea generator
17. Bagi seorang wirausahawan, factor utama yang mendorong untuk mengambil keputusan usaha adalah ……….
A. Prestis
B. Keuntungan laba/rugi
C. Modal
D. Pelayanan
E. Tenaga kerja
18. Strategi memanfaatkan peluang usaha dengan menggabungkan usaha yang mempunyai keterkaitan usaha secara kontinyu disebut ….
A. Strategi Horizontal
B. Strategi Integrasi vertical
C. Strategi bisnis baru
D. Strategi kapasitas
E. Strategi produksi
19. Strategi menangkap peluang usaha dengan cara membuka usaha baru yang tidak ada kaitannya dengan usaha yang sudah ada sebelumnya disebut …..
A. Merubah kapasitas
B. Integrasi vertical
C. Kapasitas produksi
D. Memasuki bisnis baru
E. Peluang usaha
20. Modal awal bagi wirausahawan untuk mengenali lingkungan, melihat peluang usaha dan mencapai kesuksesan dalam usaha adalah ………
A. Keuangan
B. Manusia
C. Keberuntungan
D. Modal
E. Perencanaan
21. Produk dikelola sebagai komoditi sehingga merk tidak diperlukan, kondisi ini sangat mendukung apabila demomd lebih banyak dari pada supply, adalah …
A. Brand Image
B. Brand equity
C. Brand value
D. Unbranderd goods
E. Brand as Reference
22. Tujuan menetapkan harga rendah untuk menerobos produk masuk pasar adalah ….
A. Penetration price
B. Skiming price
C. Margin pricing
D. Limming price
E. Competitors price
23. Strategi yang digunakan dengan cara menetapkan harga jual tinggi dan promosi tinggi adalah …..
A. Rapid skimming
B. Rapid penetration
C. Slow skimming
D. Slow penetration
E. Rapid penetration
24. Kebijaksanaan harga pokok yang biasanya dipakai di Toko Supermarket dengan menetapkan harga pokok yang ganjil, misalnya harga Rp. 19.925,00 atau Rp.1.975,00 adalah…
A. Customary price
B. Odd price
C. Combination affers
D. Margin princing
E. Limming price
25. Dasar penetapan harga disini berdasarkan perkiraan, harga satu kondi atau lusin barang ada 1 atau 2 potong yang bagus adalah ….
A. Margin Pricing
B. Price limming
C. Competitors Price
D. Ood Price
E. Judgement Pricing
26. Nama lain dari kemampuan produk untuk dipasarkan adalah …
A. Marketability
B. Manufacturability
C. Servicebility
D. Penggunaan kelompok
E. Penggunaanindividu
27. Strategi yang dapat memelihara loyalitas pelanggan dengan menggunakan strategi deferensiasi pelanggan mendapat nilai lebih dibandingkan denganproduk lainnya disebut …
A. Strategi deferensiasi
B. Analisis usaha
C. Deferansiasi
D. Strategi marketing
E. Analisis lingkungan
28. Produk dan program pemasaran diperkenalkan kepada kalangan konsumen yang lebih otentik disebut …
A. Penguji pasar
B. Pengembang produk
C. Penyaringan gagasan
D. Pemunculan gagasan
E. Komersial
29. Penetapan harga berdasarkan perkiraan saja, bila produk yang dijual sudah mendapatkan keuntungan, maka langsung dijual. Hal ini biasa dilakukan oleh pedagang kaki lima disebut…………
A. Margin Price
B. Liming Price
C. Competitors Price
D. Ood Price
E. Judgement Pricing
30. Penetapan harga produk yang dilakukan oleh toko yang menjual baju kaos, sepatu, dan sandal. contoh : kaos dari berbagai merk dan ukuran ditumpuk dalam satu kotak dan diberi dan diberi daftar harga yang sama adlah ………
A. Margin Price
B. Liming Price
C. Competitors Price
D. Ood Price
E. Judgement Pricing
31. Strategi yang dijalankan dengan menetapkan harga jual produk yang rendah dengan kegiatan promosi yang rendah. Tujuan dari strategi ini adalah merangsang pasar untuk menyerap produk dengan cepat, sementara, kegiatan promosi yang rendah dimaksudkan untuk meningkatkan laba bersih adalah ……….
A. Rapid skimming
B. Rapid penetration
C. Slow skimming
D. Slow penetration
E. Rapid penetration
32. Dalam Bauran Pemasaran terdiri dari 4(empat) Product, Price, Promotion, Place + 3 P yang terdiri dari …..
A. People, Price dan Place
B. People, Process dan Physical evidence
C. People ,Promotion dan Place
D. Product, People dan Price
E. People, Product dan Physical
33. Salah satu tujuan awal dibentuknya standard keselamatan dan kesehatan di tempat kerja adalah ….
A. Perang
B. Kelaparan
C. Bencana alam
D. Moral
E. Kemiskinan
34. Rasio yang membandingkan antara laba sebelum Bunga dan pajak laba operasi dan penjual bersih adalah …….
A. Operating Income Ratio
B. Net profit Margin
C. Return On Investment
D. Retur On Equity
E. Ratio Equity
35. Perusahaan mampu memenuhi semua kewajiban bunganya apabila perusahaan tersebut likuiditas disebut ……..
A. Unsolvabable
B. Insolvable
C. Solvable
D. Ekuitas
E. Likuiditas
36. Ratio yang membandingkan antara hutang jangka panjang dan modal pemilik adalah………
A. Total Debt to Total Equity Ratio
B. Total Debt to Asset Ratio
C. Long Term Debt to Equity Ratio
D. Likuid dan Solvable
E. Solvabilitas
37. Salah satu bentuk dan ratio rentabilitas yang dimaksudkan untuk mengukur kemampuan perusahaan dengan keseluruhan dana yang ditanamkan dalam aktiva untuk menghasilkan keuntungan disebut………
A. Net Prifit Margin
B. Return on Invesmen
C. Operating Income Ratio
D. Return on Equity
E. Likuid dan Solvable
38. Ratio yang menggambarkan kemampuan perusahaan mendapatkan laba, melalui semua kemampuan, dan sumber yang ada disebut Ratio ………
A. Ratio Solvabilitas
B. Total Equity Ratio
C. Total Asset Ratio
D. Equity Ratio
E. Ratio Rentalitas
39. Ilmu ekonomi makro memperlajari variable-variable secara agregat (keseluruhan), berikut yang tidak termasuk variabel dalam ekonomi makro adalah ...
A. Pendapatan nasional
B. kesempatan kerja atau pengangguran
C. laju inflasi
D. pertumbuhan ekonomi
E. Kemampuan perusahaan dalam berproduksi
40. Salah satu manfaat mempelajari ekonomi mikro adalah ...
A. mengetahui pendapatan nasional
B. pertumbuhan ekonomi nasional
C. neraca pembayaran nasional
D. mengetahui laju inflasi suatu negara
E. mengetahui cara-cara mencapai kepuasan maksimum dalam penggunaan sumber daya yang serba terbatas
II. JAWABLAH DENGAN SINGKAT DAN BENAR !
1. Sebutkan dan jelaskan sumber-sumber informasi peluang usaha !
2. Jelaskan teknik-teknik Untuk mengeksplorasi masalah pemasaran !
3. Apa yang dimaksud Produk baru dan Apa pengaruh dari Produk baru ?
4. Buatlah 5 (lima) contoh Promosi !
5. Coba bedakan antara Sovable dan Insovable ?
Kunci Jawaban
Paket C
1 | D | 11 | C | 21 | D | 31 | D |
2 | E | 12 | A | 22 | A | 32 | B |
3 | C | 13 | C | 23 | A | 33 | D |
4 | C | 14 | E | 24 | B | 34 | A |
5 | D | 15 | B | 25 | E | 35 | C |
6 | D | 16 | C | 26 | A | 36 | C |
7 | C | 17 | B | 27 | A | 37 | B |
8 | C | 18 | B | 28 | A | 38 | E |
9 | B | 19 | D | 29 | A | 39 | E |
10 | B | 20 | E | 30 | B | 40 | E |
II.
1. Sumber-sumber informasi peluang usaha adalah :
* Sumber informasi data primer : langsung dari konsumen, pedagang perantara dan penjual sendiri
* Sumber informasi data sekunder : catatan wirausahawan sendiri, pemerintah, data biro statistic, perdag dan kadin
2. Teknik-teknik Untuk mengeksplorasi masalah pemasaran adalah :
· Brainstorming, yaitu diskusi intensif dalam kelompok kecil dengan fokus pada suatu masalah, sehingga bisa diperoleh pembahasan yang mendalam dari berbagai sudut pandang.
· Ease study, yaitu studi kasus terhadap satu masalah dan membandingkannya dengan permasalahan sejenis yang terjadi di tempat lain. Data pembanding bisa diperoleh dari berbagai media/literatur.
· Experienceinterview, yaitu mengeksplorasi masalah yang ada dengan mengundang orang yang ahli di bidangnya.
· Fishbonetechnique, yaitu metode sirip ikan dengan memetakan masalah berdasarkan sebab akibat, untuk kemudian dirunutkan dari yang terbesar hingga yang terkecil.
· Why-why question, yaitu menggali akar masalah dengan mempertanyakan secara berulang mengapa? Lalu mengapa?
3. a . Apa yang dimaksud produk baru? Dipandang dari sudut pengusaha produk baru adalah merupakan benda nyata hasil dari modifikasi barang yang sudah beredar atau duplikasi barang yang dibuat perusahaan lain dengan sedikit perbedaan yang dipasang pada barang tersebut, atau perbaikan produk yang sudah ada, atau inovasi asli produk. Kebanyakan produk baru merupakan modifikasi dengan beberapa penambahan penyempurnaaan atau hasil penciptaan baru.
b. Pengaruh produk baru terhadap perusahaan. Banyak diantara perusahaan terkenal yang berhasil dan maju karena senantiasa memperhatikan waktu yang tepat untuk menciptakan produk-produk baru.Inovasi-inovasi dalam menciptakan produk baru akan memberi ciri khas dan warna tersendiri terhadap perusahaan yang membuatnya.
4. Contoh Promo beberapa contoh promosi:
· Kirim 5 SMS, Dapat 50 sms gratis ke semua operator
· Diskon 70% untuk produk tertentu disebuah pusat perbelanjaan
· Perusahaan X memasang iklan di TV untuk produknya
· Dan lain sebagainya.
5. Perbedaan solvable dan insolvable adalah
a. Solvable, perusahaan mampu memenuhi semua kewajiban keuangan nya apabila perusahaan tersebut dilikuidasi.
b. Insolvable, perusahaan tidak mampu memenuhi semua kewajiban keuangannya apabila perusahaan dilikuidasi.
Komentar
Posting Komentar